February 13, 2013

Macam-macam Jaringan Komputer




Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya, seperti kabel, switch, hub, router dll yang saling terhubung satu sama lain yang didesain untuk dapat saling berkomunikasi serta mengakses informasi.

Tujuan dari jaringan komputer adalah:
• Membagi fungsi sumber daya seperti berbagi pemakaian printer, CPU, RAM, harddisk
• Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
• Akses informasi: contohnya web browsing.

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.


Adapun macam-macam jaringan komputer yaitu :
- Local Area Network (LAN)

Merupakan jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal yang dihubungkan dengan kabel (UTP, HUB, Switch, Router dll) yang dapat dipakai secara bersama-sama (misalnya : printer, hardisk). Contoh komputer-komputer pada jaringan LAN seperti warnet, laboratorium, kantor dll.

Keuntungan dari penggunaan Jenis Jaringan Komputer LAN seperti lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.

Kerugian dari penggunaan Jenis Jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

- Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan Komputer yang hampir sama seperti LAN namun jangkauannya lebih luas. MAN biasanya dipakai untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. MAN biasanya meliputi area seluas antara diameter 5 s.d 50  km.Seperti jaringan telepon lokal, telepon seluler antar kota.

Keuntungan dari Jenis Jaringan Komputer MAN ini diantaranya adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian dari Jenis Jaringan Komputer MAN seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

- Wide Area Network (WAN)
Jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain bahkan antar benua. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN seperti cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.

Kerugian dari Jenis Jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.

- Internet
Merupakan jaringan komputer yang menghubungkan jaringan-jaringan di seluruh dunia melalui satelit.

Keuntungan dari Jenis Jaringan Internet diantaranya adalah komunikasi dan berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi lebih mudah, penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat, penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan

Kerugian dari Jenis Jaringan Internet diantaranya adalah kejahatan dunia maya atau cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi semakin luas, transaksi barang-barang ilegal seperti narkoba menjadi marak, dan juga dapat menimbulkan fitnah karena penyampaian informasi yang salah.

Berdasarkan media pengiriman atau transmisi data yang digunakannya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi:
1. Jaringan kabel (Wired Network)



Yaitu jaringan komputer yang media transmisinya berupa kabel penghantar. Pada jaringan jenis ini, pengiriman data dari satu komputer ke komputer lainnya dilakukan melalui kabel penghantar tersebut dalam bentuk sinyal-sinyal listrik.

Keuntungan Jenis Jaringan kabel seperti transmisi data ke pengguna lebih cepat tidak memerlukan keamanan yang ketat.

Kerugian Jaringan kabel pengguna akan terbatasi untuk terhubung karena ada pemakaian kabel jaringan.

2. Jaringan tanpa kabel (Wireless Network)



Yaitu jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel. Pengiriman data pada jaringan jenis ini dilakukan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik, seperti gelombang radio, bluetooth, inframerah dan microwave.

Keuntungan Jenis Jaringan Wireless seperti kenyamanan untuk terhubung ke jaringan tanpa dibatasi oleh kabel, lebih ke arah pengguna yang memerlukan mobilitas yang tinggi, dan tidak terlalu memerlukan kabel jaringan.

Kerugian Jenis Jaringan Wireless seperti transmisi data kepada para pengguna yang lebih lambat dari penggunaan jaringan dengan kabel, memerlukan keamanan yang ketat karena orang yang berada di luar jaringan bisa menerobos ke dalam jaringan Wireless.

Sumber:
http://duit-doa-usaha-ikhlas-tawakal.blogspot.com/2012/01/perbedaan-jaringan-berkabel-wired.html
http://www.anneahira.com/macam-macam-jaringan-komputer.htm

No comments:

Post a Comment